Tuesday, July 19, 2005

Selasa Awal - Tentang Toko Buku

Sore tadi, gua ama temen pergi ke toko buku Borders. Toko buku di Amerika (mungkin juga beberapa negara maju lain) memiliki konsep yang berbeda dengan toko buku di Indonesia pada umumnya. Sejak gua pertama kali nyelonong masuk ke toko buku itu, gua langsung jatuh cinta. Gimana engga? Loe dateng kesono, bisa nyari buku macem-macem banyaknya, buat 'disample.' Setelah nemu buku yang menarik, loe bisa langsung nyari sofa nyaman buat duduk dan baca; tanpa ada yang ganggu - bahkan, loe engga perlu balikin bukunya, loe taruh disebelah loe aja bakal ada orang yang dateng balikin buat loe; dan kalo loe belon selesai baca, cuman tinggal bilang "Sorry, I haven't finished with those" dan orangnya bakal senyum sambil bilang "sorry enggih..." Hehehe ... tempat ini ada Cafenya pula! biarpun engga seenak starbucks, Vanila Lattenya masih bisa dikasih nilai B (Starbucks A tentunya). Tempatnya gede, banyak buku, banyak pilihan kopi, banyak cewe pula, dan yang lebih keren, terkadang ada live music juga. Pencinta buku mana yang engga setuju kalo tempat ini super oke.

Sekilas gua berpikir, kalau semua orang kesononya cuman nongkrong baca buku, engga ada yang beli, lantasan mereka dapet untungnya dari mana yah? Biarpun jawaban yang konkrit belon ketemu, tapi gua simpulin kalo mungkin ada rasa 'favoritism' dan 'guilty' yang membuat langganan-langganan nongkrong ini bilamana kepepet mesti beli buku (untuk koleksi atau alasan2 lain) maka akan memilih membeli di toko buku yang biasa mereka singgahin. Buktinya: mereka masih tetep buka, dan malahan menambah toko-toko di kawasan baru.

Banyak temen-temen berjiwa entrepreneur yang mempertanyakan kalau-kalau konsep toko buku ini bisa dipake (diterapkan) ke Pasaran toko buku Indonesia yang bisa dibilang masih memakai gaya lama. Yang jadi topik utama dalam perbincangan kita, mungkin siapkah mental orang Indonesia untuk dibukakan toko buku seperti ini? Apakah ketika diberi kebebasan untuk membaca gratis di sofa, lantasan orang yang sama bakalan berinisiatif untuk menjadikan toko buku ini tempat langganan membeli buku? Jawabannya belon ketemu, tapi nyatanya teman teman entrepreneur itu urung niatnya.

Tapi, bener keren loh toko bukunya. Gua bener-bener berharap kelak di Indonesia ada toko buku kaya gini nih ...

---Sekian cerita tentang Toko Buku Borders---
NB: Sangat diharapkan teman-teman (terutama) di Indonesia untuk memberikan pendapat tentang konsep toko-buku ini.

5 Comments:

Anonymous Anonymous said...

pulang ke indon, langsung buka toko buku aja. kalo saya boleh ngutang pasti deh jadi pelanggan setia.

5:52 AM  
Blogger s a s k i a said...

yoo~ answering ur question in my taggie:

Reccomended film in 2003-2005:
1. Gie

2. Janji Joni (a one-day trip of film deliverer)

3. Unguviolet (drama about a photographer and the model)

4. Ca Bau Kan (this is the best from the rest, in my humble opinion ;p)

5. Arisan (FFI award for best film)

6. Eliana Eliana (semi documentary)


novel2 bagus... temen u baliknya kapan, kalo September, ada novel aye *hehehehe*

btw, this is some goodies to read:
1. Supernova Akar, Supernova Petir (Dee)
2. Jangan Main-main (Dengan Kelaminmu) by Djenar Maesa Ayu

3. Sam Po Kong by Remy Sylado

itu aja yang kuinge, nanti kalo nambah ;)

6:18 AM  
Anonymous Anonymous said...

setuju banget, toko2x buku di amrik emang the best! konsep spt itu rasanya masih susah diterapin di indo. tapi bukannya ga ada. pergi deh ke QB di daerah menteng dan toko buku Aksara. Audiencenya intellectual & sophisticated people. Ada sofa2x buat duduk dan baca, ada cafe juga tapi ga tau boleh bawa buku kesana apa ga. Ambiancenya jauh dari Gramedia.

11:02 AM  
Blogger wawa said...

hehe ...
wah kalo gitu mungkin gua lebih baik ngomongnya di Surabaya dan kota-kota lebih kecil lainnya, instead of indonesia yah ... hehehe .. abis last time temen gua dari Jakarta juga bilang kalo kaga ada toko buku kaya gituan juga di Jakarta. he gotta be wrong then ... maap akan error dikitnya :)

2:16 PM  
Blogger Danny said...

Borders bisa dibilang rumah gua ketiga nih setelah apartment gue, dan office. Hahaha. Mang top dah.
Jadi inget waktu back to Indo last year, di Gramedia, baca aja diawasin pegawai selusin, jadi males lama2x.

5:28 PM  

Post a Comment

<< Home