Wednesday, July 27, 2005

Selasa Awal - My dream, what are you?















Ketika gua tidak sengaja nyampe di blognya Mas Tom (orang yang gua juga belon kenal), gua tersentak membaca penggalan pidatonya Steve Jobs (CEO Apple Computer, foto diatas) kepada lulusan universitas Stanford. Kenapa gua tersentak? karena Steve Jobs seakan-akan mendukung apa yang sedang saya geluti akhir-akhir ini, kalau-kalau seharusnyakah aku mencari apa yang benar-benar aku sukai.
Demikian penggalan pidatonya:

Sometimes life hits you in the head with a brick. Don’t lose faith. I’m convinced that the only thing that kept me going was that I loved what I did. You’ve got to find what you love. And that is as true for your work as it is for your lovers. Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it yet, keep looking. Don’t settle. As with all matters of the heart, you’ll know when you find it. And, like any great relationship, it just gets better and better as the years roll on. So keep looking until you find it. Don’t settle.

Dalam bahasa Indo:
Terkadang hidup tidak semulus yang kita harapkan. Jangan patah harapan. Aku yakin bahwa hal yang membuatku terus bersemangat adalah aku mencintai apa yang aku lakukan. Kau harus menemukan apa yang kau cintai. Baik dalam pekerjaan, maupun kehidupan cinta. Pekerjaanmu nantinya bakal mengisi sebagian besar dari hidupmu, dan satu-satunya cara untuk benar-benar menjadi puas akannya adalah hasil kerja yang luar-biasa. Dan faktor terpenting untuk menghasilkan kerja yang luar-biasa adalah kamu mencintai pekerjaanmu. Jika kamu belum menemukannya, tetaplah mencari. Jangan berhenti. Kamu akan tahu ketika menemukannya. Dan seperti kehidupan cinta yang sukses, pekerjaan yang kamu sukai akan menjadi lebih dan lebih baik. Jadi teruslah mencari sampai kau menemukannya. Jangan berhenti.

Yah, gua baru lulus BS (S1) di bidang Computer Science (informatika), tapi sebenernya sejak dari 2 tahun lalu gua udah menemukan kalo gua engga begitu ada passion di bidang ini, gua suka logic, suka memecahkan teka-teki, suka menganalisa algorithm, dan hal-hal laen yang seakan-akan adalah bagian penting dari Computer Science; namun nyatanya gua engga gitu suka programming, alasan utama ketidaksukaanku adalah aku tidak mau membuang terlalu banyak waktu di depan komputer, aku tidak mau menjadi tua di depan komputer dan juga karena aku benci untuk mesti mengingat terlalu banyak detail (menghafalkan programming language).

Beberapa saat lalu, aku mempertimbangkan untuk mengambil S2 di bidang lain, tapi karena alasan biaya dan kenyataan bahwa S1-ku sia-sia, gua mulai menyetop angan2ku. Sebelon angan-angan itu bener-bener ilang, gua mencoba untuk mencari tahu secara pelan-pelan apa yang bener-bener gua sukai (my real passion). Psycologykah? Philosphykah? atau apa yah ... soalnya gua kira passion gua berkisar disekitar itu. Gua mencoba untuk nyari-nyari buku tentang psychology dan philosophy di library, tapi entah kenapa buku yang gua pinjem kayanya kurang bener-bener membantu gua mengambil keputusan tentang hal ini (gua juga agak bingung mesti nyari buku yang kaya gimana untuk ngenalin gua di bidang itu, gua mencoba nyari buku "introduction to..." tapi engga nemu, dan akhirnya malah pinjem buku self-improvement->untuk psychology, dan buku introduction-to-western-philosophy->untuk philosphy).

Anyway, di tengah struggle gua, gua baca artikel si Mas Tom, dan pidatonya Steve Jobs, dan gua merasa dikuatkan. Mungkin gua bakal tetap mencoba nyari selagi gua masih bisa stay di US.

3 Comments:

Blogger Danny said...

Kabul, kamu bilang: suka logic, suka memecahkan teka-teki, suka menganalisa algorithm tapi engga gitu suka programming, kalau gitu lanjutin S2-nya bidang MIS aja. Ntar kalau dah kerja, kamu bukan jadi programmer, melainkan jadi analyst, yang menganalisa kasus2x clients, mencari solusi, dan menuangkannya dalam sebuah system informasi yang bakal dihand-out ke programmers. What do you think? :)

5:18 AM  
Anonymous Anonymous said...

Curhat juga ah :
Aku mahasiswa elektro yang mengambil penjurusan informatika dan komputer. Sekarang malah nyambi kerja jadi programmer (kebanyakan web-based sih , php mysql etc..) Tapi suka banget seni and menggambar. Jadi ya aku seneng banget desain web. (cuman masih newbie banget..)
Kalau soal mimpi sih, aku inspired banget ama manga one piece. hahaha.. "..Tak ada yang bisa memadamkan semangat ini!!"

6:20 PM  
Blogger Imelda said...

Your question about dream... got me thinking too!! i was also wondering myself with this kind of writing, very critical and detailed.. you should came from an art faculty philosophy or polsci major.. but you are from computer science... oh well.. one of a kind. i like it!

oh well continue berkarya d..
have fun,
i am myself.

10:40 AM  

Post a Comment

<< Home